7 Kriteria Dalam Merekrut Karyawan


Merekrut karyawan bukan hanya pintar, tetapi juga punya komitmen, jujur, dapat bekerja sama, dan lain - lain. Untuk mudahnya, penilaian karyawan pada saat wawancara, maupun masa percobaan sekurang - kurangnya meliputi 7C, sebagai berikut.

1. Capability
Kemampuan nalar, kecerdasan, cara berpikir sistematis. Bisa tercermin dari nilai ijasah. Jika anda mau merekrut seorang tenaga admisnitrasi yang pintar, anda mencari orang dengan satu kriteria, yakni kapabilitas yang tercermin dari nilai ijasah dan tes kemampuan. Selain pintar, anda juga perlu karyawan yang kredibel. Itu berarti anda harus menilai dari kriteria lainnya.

2. Capacity
Kemampuan menangani masalah, menyelesaikan masalah / konflik, menghadapi beban kerja yang tinggi / stres, membuat prioritas. Jika capability bisa dicerminkan dari nilai ijasah dan tes kemampuan teknis, capacity tidak demikian. Jika melakukan wawancara dengan pelamar kerja, bisa menanyakan pengalaman mereka dalam berorganisasi, dalam menangani banyak masalah di rumah dan di sekolah atau di tempat kerja sebelumnya. Kemampuan mereka menghadapi banyak masalah mencerminkan kapasitasnya yang baik.

3. Character
Watak, hal - hal yang menyangkut sikap, sopan santun, cara mengendalikan emosi. Character umumnya dipengaruhi oleh nilai - nilai yang tertanam di lingkungan keluarga dan pergaulan. Dengan karakter yang berbeda seorang karyawan akan memiliki kecocokan dalam bidang kerja tertentu.

4. Credibility
Kredibilitas, sikap dapat dipercaya, bisa mengemban tugas yang telah diperintahkan dengan baik. Orang - orang yang kredibel bisa dilihat dari cerita mereka ketika menjalankan perintah guru, atasan, atau orang tua. Anda bisa menanyakan ke calon karyawan mengenai pengalamannya dalam melakukan tugas berat yang diperintahkan oleh orang lain.

5. Commitment
Komitmen, kesungguhan menyelesaikan tugas, keinginan untuk memajukan perusahaan. Siapa pun pasti membutuhkan karyawan yang bukan hanya pintar dan jujur, tetapi juga memiliki komitmen untuk memajukan perusahaan.

6. Creativity
Kreatif dalam menyelesaikan tugas sehingga lebih efisien dan efektif

7. Compability
Kemampuan bekerja sama dengan orang lain. Sering terjadi, kita merasa mendapatkan karyawan yang memenuhi 6 kriteria sebelumnya. Ketika karyawan tersebut bekerja dalam sebuah tim, baru ketahuan bahwa dia sering mau menang sendiri. Oleh karena itu, kita membutuhkan karyawan yang mampu bekerja sama dengan karyawan lain, dengan bawahan, dengan pimpinan, dengan mitra usaha.

sumber:
Panduan Lengkap Memulai & Mengelola Bisnis dari Nol ( Bambang Suharno )

Comments

Popular Posts