Law of Attraction


Barang yang sama jenisnya berkumpul bersama

Benda yang sejenis atau orang yang berpandangan yang sama, keahlian yang sama, status yang sama akan berada dalam satu kelompok yang sama.

Pada Periode Negara-negara Berperang, hidup seorang pelajar bernama Chunyu Kun yang sangat terkenal reputasinya. Chunyu Kun terkenal karena dalam karirnya berhasil memberikan kritikan dan masukan atau solusi atas kebijakan pemerintah. Ia bahkan sering dikirim ke luar negeri oleh raja Xuang dari negara Qi, dalam misi-misi diplomatik.

Suatu ketika, raja membutuhkan tambahan orang-orang yang berbakat dan setingkat kemampuan dengan Chunyu Kun untuk memperkuat pemerintahannya. Raja pun memanggil Chunyu Kun untuk menyampaikan keinginannya.

Keesok harinya, raja sangat terkejut ketika Chunyu Kun membawa tujuh orang yang mempunyai bakat dan potensi yang luar biasa. Masih merasa terkagum-kagum dengan kemampuan Chunyu Kun menghimpun orang-orang tersebut, raja pun berkata, "Selama ini saya sulit mendapatkan orang-orang yang bijak dan berpotensi luar biasa."

"Saya diberitahukan bahwa, seorang akan sangat beruntung bila ia bisa mendapatkan satu orang yang sangat berpotensi dalam seribu meter persegi; dan hanya akan menemukan satu orang bijak dalam seratus tahun."

Chunyu Kun pun menjelaskan,"Tidak dapat dikatakan demikian juga. Burung yang sejenis selalu terbang atau bertempat tinggal bersama. Binatang yang sama akan berkumpul dan hidup bersama-sama. Begitu juga dengan tanaman."

"Baginda akan kesulitan menemukan tanaman obat seperti chái hú atau jié geng di rawa-rawa atau dataran rendah. Tetapi tanaman obat ini mudah ditemukan di punggung gunung Liang Fu. Karena di sana tanaman-tanaman sejenis tumbuh. Jadi, benda yang sama jenisnya akan berkumpul bersama-sama."

"Karena saya temasuk orang yang berbakat, berkemampuan tinggi, maka tidak sulit untuk menemukan orang-orang bijak disekeliling saya. Dan sungguh tepat, baginda menugaskan tanggung jawab ini kepada saya."

Dengan nada yang sedikit bangga, Chunyu Kun melanjutkan, "Bahkan saya bisa membawakan yang lebih banyak lagi, jika baginda menghendakinya."



Sesuai dengan kaidah Hukum daya tari menarik (like attracts like), maka benda yang sejenis atau orang yang berpandangan yang sama, keahlian yang sama, atau status yang sama akan berada dalam satu kelompok yang sama. Oleh sebab itu, siapa Anda sesungguhnya, akan menentukan siapa yang akan tertarik kepada Anda. Jadi siapa yang menjadi pengikut Anda tidak ditentukan yang Anda inginkan, melainkan siapa Anda sesungguhnya.

Seorang pemimpin yang mempunyai pandangan yang positif ia juga akan menarik pengikut yang mempunyai pandangan yang positif. Seorang pemimpin yang mempunyai semangat, motivasi, bergairah, ia juga akan menarik pengikut menjadi bersemangat, termotivasi dan bergairah. Seorang pemimpin yang suka gosip maka ia juga akan menarik pengikut yang sama. Orang yang maunya bermain-main saja, maka ia akan berkumpul bersama mereka yang sifatnya sama, dan seterusnya.

Oleh sebab itu seorang pemimpin harus menjadi teladan, contoh yang baik untuk bawahannya. Rasanya, sangat sulit menemukan orang yang mempunyai pandangan positif, melihat dunia ini penuh dengan tantangan menarik dan harapan bila berkumpul dengan orang yang hanya bisa mengeluh melulu.

Bisa saja orang-orang yang mengikuti Anda mempunyai beberapa karakter yang berbeda, tetapi kalau ditelaah lebih dalam, pasti ditemukan beberapa sifat, karakter dan persamaan dengan Anda. Seperti; hobi, latar belakang keluarga, pengalaman hidup, pendidikan, kebiasaan atau sikap, nilai-nilai dan beberapa persamaan lainnya.

Jika Anda merasa sikap bawahan Anda kurang berkenan, coba dulu Anda periksa sikap Anda sendiri sebelum menyalahkan orang lain. Jika Anda sebagai orang tua, dan mendapati anak Anda bersikap kasar, cobolah renungkan sikap dan tingkah laku Anda.

Salam Sukses Untuk Anda


Leman Yap

Kisah di atas diambil dari buku

"The Best of Chinese Leadership Wisdoms"

Comments

Popular Posts